Minggu, 23 September 2012 | By: Unknown

Media Chatting


KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan karunia-Nya kepada saya sehingga saya dapat menyelesaikan makalah ini sesempurna mungkin. Sehingga makalah ini selesai, dan Alhamdulillah  makalah ini bisa dapat dikumpulkan pada waktu yang ditentukan.
Makalah ini saya beri judul Aplikasi Berbasis Web dan Aplikasi Berbasis Internet, Berisikan tentang bagaimana aplikasi ini bisa diakses dan dioperasikan dalam sistem komputer. 
Akhir kata, kami sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang ttelah berperan serta dalam penyusunan makalah ini dari awal sampai selesai. Semoga Allah SWT senantiasa meridhai segala usaha kita.Amin
                                                                                               

                                                                                                                       



                                                                                                Padang ,  September  2012



                                                                                                            Ttd
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
            BAB I  : PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang ………………………………………………………………1-2
B.    Rumusan Masalah …………………………………………………………….3
C.   Tujuan …………………………………………………………………………..3
BAB II : PEMBAHASAN
1.    Pemakaian dan Pengunaan bahasa dalam Media Chatting …………..4-5
2.    Bentuk-bentuk  Percakapan dalam Chatting …………………………….6-7
3.    Kode Etik peserta Chatting ………………………………………………...…7
4.    Struktur Percakapan Chatting ………………………………………………..8
5.    Struktur Iklan Chatting ………………………………………………………...9
6.    Pemakaian Kode dalam Chatting ………………………………………….10
7.    Prinsip kerja sama …………………………………………………….....11-12
BAB III : PENUTUP
            Kesimpulan ……………………………………………………………………….13
            Daftar Pustaka …………………………………………………………………….14







BAB I
PENDAHULUAN
A.    LATAR BELAKANG
Dewasa ini perkembangan dan kemajuaan teknologi informasi dan komunikasi telah berkembang dengan sangat pesat. Berbagai kemudahan memperoleh informasi dari berbagai penjuru dunia dapat kita nikmati dalam hitungan detik. Pada saat " Zaman Batu " teknologi informasi dan komunikasi dianggap sebagai sesuatu yang tidak mungkin, kini telah menjadi kenyataan.Dengan  teknologi yang luas ini kita harus dapat memanfaatkannya.

Diantara teknologi informasi yang hampir disetiap tempat kita temukan adalah computer. Sekarang computer sangat berkembang pesat hampir setiap tahun computer selalu mengalami perkembangan.Orang bisa menggunakan computer dimana saja dirumah, dikafe, disekolah, dan ditempat lainnya. Sedangkan model dan design dari computer itu sendiri juga mengalami perkembangan. Dulu apabila orang ingin menggunakan computer maka hanya bisa  dikantor atau dirumah, kalau sekarang mereka bias menggunakan computer tersebut dimana saja yang mereka inginkan. Dan pengembangan aplikasi setiap zaman semakin modern juga.

B.    RUMUSAN MASALAH
Berdasarkan perkembangan dunia teknologi informasi Aplikasi berbasis web dan aplikasi berbasis internet itu sangat erat sekali, memegang peran yang cukup penting, hal ini sejalan dengan alih teknologi yang sedang berlangsung di masyarakat jadi disini penyusun akan mejelaskan aplikasi berbasis web dan aplikasi berbasis internet serta apa keunggulan dan kelemahan nya, dan contoh aplikasi nya.


C.   TUJUAN
Untuk memberikan informasi kepada pembaca dan untuk menyelesaikan tugas yang diberikan dosenText Box: 1
BAB II
PEMBAHASAN
Aplikasi Berbasis Web adalah sebuah aplikasi yang dapat diakses melalui internet atau intranet, dan pada sekarang ini ternyata lebih banyak dan lebih luas dalam pemakaiannya. Banyak dari perusahaan-perusahaan berkembang yang menggunakan Aplikasi Berbasis Web dalam merencanakan sumber daya mereka dan untuk mengelola perusahaan.
Aplikasi Berbasis Web dapat digunakan untuk berbagai macam tujuan yang berbeda. Sebagai contoh, Aplikasi Berbasis Web dapat digunakan untuk membuat invoice dan memberikan cara yang mudah dalam penyimpanan data didatabase.  Aplikasi ini juga dapat dipergunakan untuk mengatur persediaan; karena fitur tersebut sangat berguna khususnya bagi mereka yang berbisnis ritel. Bukan hanya itu, Aplikasi Berbasis Web juga dapat bekerja memonitoring sistem dalam hal tampilan. Bahkan jumlah dari Aplikasi Berbasis Web sudah tak terhitung lagi, yakni dapat di desain dan disesuaikan untuk berbagai jenis industri, langitlah yang menjadi batasannya.
Selain fungsi-fungsi tersebut, salah satu keunggulan kompetitif dari Aplikasi Berbasis Web adalah bahwa aplikasi tersebut ‘ringan’ dan dapat diakses dengan cepat melalui browser dan koneksi internet atau intranet ke server. Ini berarti bahwa pengguna dapat mengakses data atau informasi perusahaan mereka melalui laptop, smartphone, atau bahkan komputer PC di rumah mereka dengan mudah, tidak seperti aplikasi-aplikasi desktop di mana pengguna harus menginstal perangkat lunak atau aplikasi yang diperlukan hanya untuk mengakses data / informasi.
Web based berjalan menggunakan  basis teknologi web (internet) atau   browser sedangkan desktop based  application dapat berjalan sendiri atau independen tidak
           
Text Box: 2menggunakan browser dan biasanya telah  ditentukan dapat berjalan di platform atau operating system tertentu.
Web based tidak banyak memerlukan program yang akan diinstal di sisi client sedangkan desktop based  harus melakukan instalasi program sesuai aplikasi yang di jalankan.

Keunggulan :
1.    Kita dapat menjalankan aplikasi berbasis web dimanapun kapanpun tanpa harus melakukan penginstalan.
2.    Terkait dengan isu lisensi (hak cipta), kita tidak memerlukan lisensi ketika menggunakan web-based  application, sebab lisensi telah menjadi tanggung jawab dari web penyedia aplikasi.
3.    Dapat dijalankan di system operasi manapun. Tidak perduli apakah kita menggunakan linux, windows, aplikasi berbasis web dapat dijalankan asalkan kita memiliki browser dan akses internet.
4.    Dapat diakses lewat banyak media seperti: computer, handheld dan handphone yang sudah sesuai dengan standard WAP
5.    Tidak perlu spesifikasi computer yang tingggi untuk menggunakan aplikasi berbasis web ini, sebab dibeberapa kasus, sebagian besar proses dilakukan di web server penyedia aplikasi berbasis web ini.
Kekurangan

1.Dibutuhkan koneksi intranet dan internet yang handal dan stabil, hal ini bertujuan agar pada saat aplikasi dijalankan akan berjalan dengan baik dan lancer.
2. Dibutuhkan system keamanan yang baik dikarenakan aplikasi dijalankan secara terpusat, sehingga apabila server di pusat down maka system aplikasi tidak bias berjalan.




Text Box: 3
Contoh Aplikasi berbasis Internet (Layanan Internet)

         Web (protokol aplikasi: HTTP)
         E-mail (IMAP, POP, SMTP)
         Chatting
        open standard: IRC
        non standard: YM, ICQ, MSN chat, AOL, dll
         File transfer (FTP)
         Remote terminal (telnet)
         Directory service (LDAP)
         Network monitoring (NMAP)
         Web service (SOAP)
         Voice (VoIP)
         etc.
Catatan:
            “Aplikasi” dalam konteks judul di atas mengacu pada level protokol dan dapat disebut juga sebagai “Layanan Internet”. Aplikasi dalam konteks “software” (misalnya aplikasi “web browser”) dapat mengakses atau menyediakan salah satu atau beberapa Layanan Internet di atas.


Aplikasi Berbasis Internet  merupakan suatu jenis aplikasi yang menerapkan arsitektur sistem terdistribusi dengan menggunakan internet sebagai media komunikasi antar komponennya .
Sebagai salah satu contoh aplikasi yang berbasis internet adalah EMAIL, IRC, BLOG, dan Social network .



Text Box: 4

       A. Email

Dimana Email adalah singkatan dari elektronik mail yg artinya surat elektronik.  Sehingga Email dikirim bukan melalui kantor pos atau jasa pengiriman tetapi melalui jaringan internet dan semuanya slalu berhubungan langsung dengan internet. Melalui email kita dapat mengirim surat elektronik baik berupa teks maupun gabungan dengan gambar, yang dikirimkan dari satu alamat email ke alamat lain di jaringan internet

Apabila kita mengirim surat melalui email kita dapat memperoleh beberapa keuntungan. Antara lain, dengan menggunakan email surat (informasi) yang kita kirim ke alamat email lain akan secara langsung diterima, selain itu biaya yang kita keluarkan cukup murah bahkan bisa di bilang geratis. Sebuah alamat email biasanya memiliki format semacam username@host.domain. Saat ini ISP yang menyediakan layanan pembuatan email secara gratis adalah  gmail.comyahoo.complasa.com dll. Sebagai contoh kita membuat email melalui yahoo.com.

Istilah-istilah yang berhubungan dengan Email :

·           WebMail
Webmail adalah situs atau website yang menyediakan fasilitas Email. Beberapa Website yang menyediakan email gratis :
·                     Yahoo mail
·                     Google mail (gmail)
·                     Dan lain-lain

·           Email Adress / Alamat Emai
Email Adress / Alamat Email adalah alamat yang kita dapat ketika membuat suatu email pada website penyedia email. Contoh alamat email :
Text Box: 5
·         aing_yeuh@yahoo.com
·         aing_yeuh@gmail.com

            MailBox

Mailbox ini di ibaratkan kotak surat pada umumnya, jadi apabila ada kiriman dari orang lain, maka surat tersebut akan masuk ke dalam mailbox atau kotak surat.

 CC atau BCC 

CC (Carbon copy), BCC (Blind Copy) adalah sama dengan tembusan. Jadi apabila anda mau mengirim surat ke lebih dari satu orang, maka masukan alamat yang lainnya ke dalam CC.

                   Email Client

Email Client adalah tools atau software mempermudah dalam mengatur email. Dengan software email client anda tidak login ke situs penyedia email namun langsung di download ke Komputer anda melalui software tersebut. Contoh software email client :

·         Microsoft Outlook Express
·         Thunder bird


Beberapa jenis Email

·      Pop Mail
·         Kelebihan utama dari POP mail adalah kemampuannya untuk dibaca secara offline (tidak connect ke internet)
·         Kekurangan dari POP mail ini adalah dalam hal fleksibilitas akses e-mail
Text Box: 6
·      Web-based e-mail

·         Kelebihan: bebas mengakses e-mail dari komputer manapun dan dari manapun, selama ada koneksi internet (fleksibel)
·         Kekurangan: harus selalu terhubung ke internet untuk membaca e-mail yang diterima dalam jumlah yang banyak (biaya koneksi lebih besar)

·      E-mail forwarding

Meneruskan e-mail yang dikirim kepadanya menuju ke account email yang lain.

·         Kelebihan: bisa menyembunyikan alamat email yang sesungguhnya
·         Kekurangan: sifatnya sebagai perantara, e-mail yang akan diterima akan membutuhkan waktu yang lebih lama


 B . IRC

Internet Relay Chat (IRC) adalah Fasilitas pengiriman pesan secara real-time di internet. Dimana IRC lahir pada akhir bulan Agustus tahun 1988 oleh Jarkko Oikarinen . Dikembangkan dari aplikasi bernama OuluBox yang memungkinkan para pengguna USENET News (jaringan komputer di universitas) dapat melakukan diskusi secara real-time.

Kemudian rekannya, Jukka Pihl, meminta bantuan Jarkko untuk memperbaiki Multi User Talk (MUT) dan berhasil dan Hasil kerja Jarkko dinamakan IRC.
Ide dasar pengiriman pesan secara real-time inilah yang kemudian menginspirasi para developer lainnya untuk mengembangkan aplikasi di sisi client dan server.


Text Box: 7
Contoh:

·         Yahoo! dengan produknya bernama  Yahoo!Messenger
·         Microsoft dengan produknya Windows Life Messenger, dan lain sebagainya.

Irc banyak digunakan di Komputer dengan aplikasi seperti Mirc, Pidgin, dll. namun sekarang dengan semakin berkembangnya tekhnologi, Chating juga bisa menggunakan Hand Phone, asalkan Hp anda memiliki akses Internet dan bisa mendukung Java Platform, beberapa aplikasi yang digunakan adalah JedIrc, Jmirc-m, X-irc, dll.

 C.  BLOG

Hasil evolusi dari suatu bentuk diary yang diletakkan pada internet (online diary). Istilah ‘weblog’ muncul dari seseorang bernama Jorn Barger pada tanggal 17 Desember 1997.

Oleh Peter Merholz digunakan sebagai bahan lelucon karena dia memecah istilah weblog menjadi ‘we blog’ Evan Williams mempopulerkan istilah ‘blog’ sebagai kata kerja sekaligus sebagai kata benda ‘To blog’ artinya ‘meng-edit atau menambahkan isi weblog. Evan juga mempopulerkan istilah ‘blogger’ sebagai orang yang memiliki atau aktif mengisi weblog Tahun 2001, blog menjadi fenomenal karena banyaknya konten berisi tentang ‘how-to’Tahun 2002, blog mulai memperkenalkan adanya comment (komentar) dari pembacanya Tahun 2004, peran blog mulai bergeser menjadi sesuatu yang ‘penting’ bagi tokoh-tokoh politik menggunakan blog sebagai media untuk menampung aspirasi dan mempengaruhi masyarakat Blog memiliki ‘kekuatan’ dalam hal memberikan pengaruh pada orang lain .Kini blog dapat dijadikan lahan untuk mencari penghasilan dengan cara menjadi publisher iklan di internet dan menjadi reviewer produk/jasa .



Text Box: 8
D.Social networking

Merupakan sebuah web berbasis pelayanan yang memungkinkan penggunanya untuk membuat profil, melihat list pengguna yang tersedia, serta mengundang atau menerima teman untuk bergabung dalam situs tersebut. Tampilan dasar situs jejaring sosial ini menampilkan halaman profil pengguna, yang di dalamnya terdiri dari identitas diri dan foto pengguna. Salah satu aplikasi berbasis web yang paling digemari oleh pengguna internet.

Terdapat 3 (tiga) bentuk interaksi yang mendasar adalah:
Ø  Pengiriman pesan atau e-mail
Ø  Chat                          
Ø  Buletin atau mading bersama

Ide awal diusulkan sejak tahun 1978 oleh Roxanne Hiltz dan Murray Turoff dengan menghubungkan antar komputer individu ke dalam suatu jaringan elektronik . Konsep tersebut dapat terwujud secara penuh pada tahun 1985 dimana terdapat komunitas online melalui jaringan internet bernama The Well.

·         Pada tahun 1994 mulai marak muncul situs-situs komunitas online seperti: The Globe, Geocities, dan Tripod (1995)
·         Pada tahun 1999 muncul sebuah konsep situs komunitas online yang berbasis pada pertemanan (friendship-based)
·         Mulai tahun 2002 hingga tahun 2004, muncul empat situs jejaring sosial yakni: Friendster, MySpace, Bebo .
·         Pada tahun 2005, MySpace menjadi yang terbaik karena dapat mengalahkan Google dalam hal jumlah pengunjung .



Text Box: 9
Kelebihan

Keberadaan situs jejaring sosial ini memudahkan kita untuk berinteraksi dengan mudah dengan orang-orang dari seluruh belahan dunia dengan biaya yang lebih murah dibandingkan menggunakantelepon. Selain itu, dengan adanya situs jejaring sosial, penyebaran informasi dapat berlangsung secara cepat.

Kelemahan

Kemunculan situs jejaring sosial ini menyebabkan interaksi interpersonal secara tatap muka (face-to-face) cenderung menurun. Orang lebih memilih untuk menggunakan situs jejaring sosial karena lebih praktis.. Di lain pihak, kemunculan situs jejaring sosial ini membuat anak muda tidak dapat tidak mengakses internet. Dalam kadar yang berlebihan, situs jejaring sosial ini secara tidak langsung membawa dampak negatif, seperti kecanduan (addiksi) yang berlebihan dan terganggunya privasi seseorang.

Perbedaan Aplikasi berbasis Internet dan Aplikasi berbasis Web
Ø  Aplikasi berbasis Internet
·         Menggunakan protokol aplikasi yang sudah ada atau mendefinisikan protokol sendiri
·         Aplikasi di sisi server berkomunikasi langsung dengan client
·         Aplikasi di sisi client dapat berupa aplikasi yang berdiri sendiri atau ditempelkan dalam aplikasi lain
Ø  Aplikasi berbasis Web
·         Menggunakan protokol HTTP
·         Aplikasi di sisi server berkomunikasi dengan client melalui web server
·         Aplikasi di sisi client umumnya berupa web browser
            Jadi, Aplikasi berbasis Web (client/server-side script) berjalan di atas Aplikasi berbasis Internet (web client/server software)Text Box: 10

Daftar Pustaka

Sumber:

1.    firdaus84.files.wordpress.com/2009/03/slide-pti-week-10.ppt
5.    http://www.google.com/search?q=aplikasi+berbasis+web&ie=utf-8&oe=utf-8&aq=t&rls=org.mozilla:en-US:official&client=firefox-a

1 komentar:

narcilapadula mengatakan...

Where to buy titanium trim - Tatio Engineering
Titanium-Arches is the #1 supplier for titanium joes the production and used ford edge titanium use titanium blade of titanium, iron, titanium sunglasses and other tools. titanium carabiners The supplier offers custom-built

Posting Komentar